Webinar Lulus Uji Kompetensi

Tingkatkan Kelulusan UKOM STIKES YARSI MATARAM Gelar Webinar Lulus Uji Kompetensi.

Mataram /5/10/2020- STIKES YARSI MATARAM menggelar Webinar strategi lulus uji kompetensi perawat Sejak tanggal 5 Oktober 2020 untuk Program Studi D3 Keperawatan dan 10 Oktober 2020 untuk Prodi Pendidikan Ners.

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik Irwan Hadi,.Ns,.M.Kep mengatakan bahwa Webinar tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga perawat guna mengikuti uji kompetensi agar mereka berhasil lulus dan mengantongi sertifikat Kompeten sehingga bisa diterima di dunia kerja. “Saat ini hampir semua bidang pekerjaan menuntut adanya sertifikasi termasuk para perawat harus memiliki STR maka untuk mendapatkan STR mereka harus mengikuti ujian terlebih dahulu,” kata Irwan. Namun, lanjut Irwan, terkadang pada saat mengikuti ujian terkadang ada yang gagal maka dari itu lembaga mempersiapkan para mahasiswa dan Lulusan melalui Webinar strategi lulus ujian kompetensi.

Dalam Sambutannya Irwan Hadi mengatakan peningkatan kualitas pendidikan tenaga kesehatan adalah salah satu langkah strategis untuk meningkatkan ketersediaan tenaga kesehatan yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang relevan dengan dunia industri dalam hal ini Pelayanan Kesehatan. Salah satu upaya untuk mendorong percepatan peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan tenaga kesehatan adalah dengan meningkatkan kendali mutu lulusan pendidikan.

Dikatakan uji kompetensi nasional adalah salah satu indikator menilai kualitas lulusan dan melihat proses pendidikan dan menajamakan pencapaian relefansi kompetensi sesuai dengan standar kompetensi yang diperlukan masyarakat. Uji Kompetensi adalah proses pengukuran pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Kesehatan. Ujian ini ditujukan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang memenuhi standar kompetensi kerja.

Dikatakannya untuk meningkatkan lulusan Uji Kompetensi Nasional bagi mahasiswa keperawatan, maka perlu disusun strategi belajar melalui seminar dan workshop dan upaya-upaya lainnya yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Tujuan penyelenggaraan kegiatan WEBINAR Dan seminar uji Kompetensi perawat ini adalah memberikan pengalaman kepada lulusan tentang metode dan materi uji kompetensi dan memberikan gambaran kemampuan lulusan dalam menghadapi kegiatan uji kompetensi yang sesungguhnya. "Selain itu mendapatkan gambaran kesiapan program studi dalam menyiapkan kekelusannya dalam menghadapi uji kompetensi. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh peserta First Taker dan Re Taker Uji kompetensi perawat tahun 2020," ujarnya. (Laporan Prodi Ners)