Profil Lembaga

Profil STIKES YARSI Mataram

STIKES YARSI Mataram merupakan peningkatan status dari AKPER YARSI Mataram. Akademi Keperawatan Yayasan Rumah Sakit Islam Mataram yang disingkat AKPER YARSI Mataram berdiri pada tanggal 3 September 1991 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 00.06.2648 tentang Ijin Sementara Kepada Yayasan Rumah Sakit Islam NTB di Mataram. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram berdiri pada tanggal 29 Desember 2005 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 196/D/0/2005 tanggal 29 Desember 2005 tentang Pemberian ijin penyelenggaraan program studi Ilmu Keperawatan (S.1) dan perubahan bentuk dari Akademi Keperawatan (AKPER) YARSI Mataram menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Provinsi Nusa Tenggara Barat di Mataram.

Berdasarkan SK (196/D/0/2005) tersebut diatas  STIKES YARSI Mataram menyelenggarakan program studi keperawatan yang terdiri dari jenjang Diploma III dan Sarjana, serta menyelenggarakan program studi kebidanan berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor : 499/D/T/2009, tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Kebidanan Jenjang D-III di STIKES YARSI Mataram.  Sedangkan penyelenggaraan Program Studi Ners berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2012 tanggal 26 Juni 2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Profesi Ners.

Visi dan Misi STIKES YARSI Mataram

Visi

Menjadi institusi pendidikan kesehatan berbasis Iptek dan Islami yang mampu bersaing pada tingkat nasional, regional maupun internasional.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kesehatan yang berbasis pada nilai-nilai islami dan mengikuti perkembangan iptek-kes.
  2. Menyelenggarakan penelitian inovatif dan aplikatif dalam bidang kesehatan berdasarkan pada perkembangan iptek-kes.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.
  4. Menyelenggarakan pengelolaan organisasi dan kelembagaan yang berbasis tata kelola yang baik dengan prinsip efisien, akuntabel dan transparan.
  5. Membangun jejaring kerjasama di tingkat Nasional maupun Internasional dalam bidang Tri Dharma dan pemberdayaan alumni untuk keberlanjutan program.

Tujuan

Visi dan misi menjadi acuan utama dalam menentukan tujuan STIKES YARSI Mataram.  Tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu mengembangkan Ilmu Keperawatan, Kebidanan yang berlandaskan nilai-nilai islami serta mampu bersaing di tingkat nasional, regional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian inovatif dan aplikatif dengan pendekatan ilmiah yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi keperawatan dan kebidanan dalam lingkup lokal, nasional, regional dan internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta memberikan kontribusi bidang kesehatan yang berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kualitas manajemen institusi yang efisien, transparan dan akuntabel secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan dan kerjasama nasional, regional dan internasional
  5. Terbangunnya jejaring kerjasama di tingkat nasional, regional maupun internasional dalam bidang tri dharma dan pemberdayaan alumni.

Nilai

Berdasarkan visi dan misi diatas, maka STIKES YARSI Mataram telah merumuskan nilai yang akan menjadi acuan dalam penyelenggaraan STIKES YARSI Mataram. Adapun nilai yang telah dirumuskan adalah “PROFESIONAL DAN ISLAMI”. Nilai tersebut dijabarkan sebagai berikut:

Profesional

  1. Penguasaan iptek
  2. Bertanggung jawab
  3. Komitmen
  4. Terampil

Islami

  1. Jujur
  2. Amanah
  3. Ikhlas
  4. Sabar
  5. Sopan santun dan beretika

Program Pendidikan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram menyelenggarakan 4 (empat) program studi yang meliputi:

Program Studi Ilmu Keperawatan jenjang S.1

Izin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 196/D/O/2005 tanggal 29 Desember 2005, tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan dan perubahan bentuk Akademi Keperawatan YARSI Mataram menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram yang diselenggarakan oleh YARSI NTB. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut diatas STIKES YARSI Mataram menyelenggarakan 2 Program Studi yaitu program studi keperawatan jenjang S1 dan D.III.

Program Studi Keperawatan Jenjang S1 terdiri dari 2 jalur :

Program Regular

Program pendidikan yang diselenggarakan dengan dasar pendidikan yang berasal dari lulusan SMA/MA/SMK Kesehatan

Program Transfer

Program pendidikan yang diselenggarakan dengan dasar pendidikan yang berasal dari lulusan D III Keperawatan

Program studi Kebidanan jenjang Diploma III

Penyelenggaraan Program Studi Keperawatan jenjang D.III berdasarkan SK MENDIKNAS Nomor : 196/D/O/2005 tanggal 29 Desember 2005.SK penyelenggaraan No. 6315/D/T/K-VIII/2011 tanggal 13 April 2011.Program pendidikan yang diselenggarakan dengan dasar pendidikan yang berasal dari lulusan SMA/MA/SMK Kesehatan.

Program Studi Profesi Ners

Penyelenggaraan Program Studi Ners berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2012 tanggal 26 Juni 2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Profesi Ners.Program pendidikan yang diselenggarakan dengan dasar pendidikan yang berasal dari lulusan S1 Keperawatan.

  Logo dan Makna Logo
 
         
  I. Segi lima warna emas : Jumlah rukun Islam dan juga jumlah sila dalam pancasila melambangkan bahwa paslafah dan ideologi STIKES YARSI Mataram adalah Pancasila dan Islam
  II. Warna dasar hijau : Warna lambang Islam yang melambangkan bahwa STIKES YARSI Mataram di kelola oleh Yayasan Islam dengan nuansa Islami
  III. Enam (6) buah bintang  melambangkan : a. Civitas akademika STIKES YARSI Mataram harus aktif, kreatif, optimis, berilmu tinggi dan berciata-cita tinggi
        b. Rukun Iman Enam (6) bahwa civitas akademika STIKES YARSI Mataram adalah orang-orang yang beriman dan bertaqwa.
  IV. Warna kuning yang melingkari globe : Melambangkan cahaya ilmu yang bersumber dari hakekat kebenaran sejati yaitu Allah SWT.
  V. Globe warna putih adalah : Lambang dunia yang melambangkan mahasiswa dan alumni STIKES YARSI Mataram dididik untuk menjadi pemimpin / khalifah di muka bumi (Khalifatul Ardi) yang siap berkarya, cipta dan karsa.
  VI. Lambang Bhakti Husada : Melambangkan bahwa STIKES Yarsi Mataram adalah lembaga pendidikan yang mengelola dan mengembangkan ilmu pengetahuan kesehatan untuk menghasilkan tenaga profesional yang mumpuni, berdaya guna dan berhasil guna.
  VII. Kitab / Buku : Melambangkan bahwa sumber dari ilmu itu adalah kitab dan atau buku.
  VIII. Garis pada kitab dan globe : a. Dua puluh sembilan (29) buah garis pada kitab : Adalah melambangkan tanggal 29 (tanggal berdirinya STIKES Yarsi Mataram)
        b. Dua belas (12) buah garis bujur pada globe : Adalah melambangkan bulan 12 (Desember) sebagai bulan berdirinya STIKES YARSI Mataram
        c. Lima (5) garis lintang pada globe : Adalah melambangkan tahun berdirinya STIKES Yarsi Mataram yaitu pada tahun 2005

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>