Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram merupakan lembaga perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan pada bidang kesehatan. Lembaga ini didirikan dengan latar belakang bahwa kebutuhan tenaga kesehatan di Nusa Tenggara Barat masih belum memenuhi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Masih tingginya angka kematian maternal maupun neonatal, serta kepedulian untuk menyukseskan visi Indonesia Sehat 2010 dan mengakomodir peningkatan jenjang pendidikan tinggi bagi tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan yang belum memenuhi standard, baik di pelayanan kesehatan maupun di lembaga pendidikan STIKES YARSI Mataram.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram merupakan peningkatan status dari Akademi Keperawatan (AKPER) YARSI Mataram yang didirikan pada tahun 1991 dan telah terakreditasi A dengan nilai 87,43 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia (PUSDIKNAKES DEPKES RI) nomor : HK.00.06.2.2.00120 tanggal 23 Januari 2006. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) YARSI Mataram telah mendapat ijin dari Menteri Pendidikan Nasional (MENDIKNAS) dengan Surat Keputusan (SK) Nomor : 196/D/O/2005 tertanggal 29 Desember 2005.

Tujuan pendlidikan STIKES YARSI Matataram adalah Mendidik tenaga kesehatan yang profesional dalam bidangnya dan berakhlakul karimah serta bertaqwa kepada Allah SWT.