Blog

University Global Recognition ( Ciletuh Geopark Visit)

DOSEN MAGANG UNIVERSITAS PADJAJARAN TAHUN 2018

Setelah dinobatkannya Kawasan Geopark Ciletuh – Palabuhan ratu menjadi bagian dari jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark (UGG). Kawasan Geopark Ciletuh, ditetapkan menjadi geopark dunia dalam sidang Executive Board UNESCO ke 204, Komisi Programme and External Relations  di Paris, Perancis periode 17 April 2018 hingga 16 April 2022.Penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu sebagai Geopark Dunia  merupakan yang tercepat prosesnya di Indonesia. Proses penetapan berjarak sekitar tiga tahun setelah menjadi geopark nasional sejak 2015. Dalam perkembangannya, kawasan Geopark Ciletuh meluas hingga mencapai wilayah Cisolok dan Palabuhanratu dengan peningkatan luas area menjadi 126.100 ha dan mencakup 74 Desa di 8 Kecamatan serta pulau-pulau kecil di sekitar Teluk Ciletuh.
University Global Recognition ( Ciletuh Geopark Visit) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta dosen magang beserta Dosen pembina dari Kemristek Dikti tahun 2018 yang dimana penempatannya di Universitas Padjajaran. Saya sebagai salah satu peserta magang dosen yang berasal dari STIKES Yarsi Mataram sangat bersyukur bisa eksplore langsung kawasan Geopark Ciletuh ini , selain menambah wawasan saya sendiri serta banyak  pengalaman dan pembelajaran yang di dapatkan dari kegiatan ini.

Setelah ±10 jam berkendara dari Jatinangor menggunakan bis UNPAD, rasa lelah kami pun terbayar dengan pemandangan yang pertama terlihat di Geopark Ciletuh adalah Tebing Panenjoan (dalam bahasa sunda “ Panenjoan”yang berarti  pemantauan) dan bisa dikatakan sebagai pintu gerbang untuk masuk ke wilayah geopark ciletuh sebelum menikmati beberapa pemandangan geopark. Lokasinya yang berada di ketinggian 342 meter di atas permukaan laut (MdPL), memudahkan pandangan mata melihat bentangan alam yang berbentuk tapal kuda. Dari atas bukit ini kita bisa menikmati salah satu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sangat luar biasa karena dapat melihat pemandangan yang indah dan menyegarkan dan dari atas bukit terpampang hamparan sawah dan rumah penduduk yang diapit punggung bukit.

Trip pertama kami diawali dari Pantai Palampang di kawasan Geopark Ciletuh.Pantai palampang atau dikenal dengan teluk ciletuh ini terdapat pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Sehingga para  wisatawa bisa membeli ikan di pantai ini. Sesampainya di pantai palampang kami disuguhkan dengan pemandangan pantai nan indah yang memiliki hamparan pasir yang  bersih dan putih serta ditambah dengan tulisan “GEOPARK CILETUH  “ berwarna kuning terlihat jelas di salah satu garis pantai menambah keelokan dari pantai ini. Selain menikmati hamparan pantai dan  menikmati deburan ombak, kami juga sekaligus menyaksikan pemandangan bukit dengan bebatuan purbanya yang megah serta pesona curug dari kejauhan. Sehingga menyuguhkan pemandangan yang romantis nan menakjubkan.

Perjalanan dilanjutkan menuju Curug Cimarinjung karena merupakan destinasi terdekat dengan Pantai Palangpang. Curug Cimarinjung memiliki ketinggian sekitar 50 meter serta airnya sangat jernih dan segar. Sepanjang perjalanan menuju curug  kami melewati dinding tebing batu yang berhimpitan layaknya sebuah pintu gerbang yang akan membawa masuk kesebuah dunia baru atau dikenal dengan “Jurassic World”.

Selain kunjungan kedua tempat di atas kami peserta dosen magang UNPAD tahun 2018 juga diberikan kesempatan malakukan kunjungan ke Kantor Pusat Penelitian Geopark dan kampung wisata hanjeli.  Keterlibatan UNPAD dalam  berbagai riset di Ciletuh menunjukkan bahwa produk akademik Unpad diakui dengan baik. Sehingga dengan adanya kontribusi Unpad ini menjadikan keunggulan tersendiri bagi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, yaitu satu-satunya kawasan Geopark yang melibatkan unsur perguruan tinggi. Hal yang paling utama yang dilakukan salah satunya adalah melakukan  pemberdayaan masyarakat sebagai bagian penting dalam pengembangan Kampung Wisata Hanjeli di Sukabumi yakni memberdayakan masyarakat bisa mengenalkan apa itu hanjeli, cara pengolahan pertaniannya, dan khasiatnya ketika dikonsumsi oleh tubuh.

Perjalanan kami berakhir di wisata edukasi penangkaran konservasi penyu Pangumbahan. Di tempat ini kami menikmati ribuan penyu yang berasal dari Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi dikarantina dan dilestarikan dari kepunahan di tempat ini.sambil menikmati senja di pantai pangumbahan ini kami beserta para wisatawan lainnya ikut serta dalam melepaskan ratusan penyu ke laut. Ratusan tukik dilepaskan tiap harinya menjelang senja supaya suhunya tidak terlalu panas. Tukik-tukik ini sangat dijaga kelestarian nya karena bisa menjaga ekosistem di laut.

Diharapkan Geopark Ciletuh- Pelabuhan Ratu dengan pemandangan yang indah ini akan semakin mendunia serta tentu menjadi ajang promosi yang efektif terutama bagi sektor kepariwisataan bagi Jawa Barat. Sehingga imbasnya adalah peningkatan kunjungan wisata. Dan tentunya akan berdampak postif bagi masyarakat setempat juga.

 

 

 

Workshop Kelas Unggulan

Sabtu 12 Agustus 2023 Stikes yarsi mataram mengadakan program workshop kelas unggulan di Villa Pesanggrahan Selaprang Sakti, Sesaot Lombok Barat. kegiatan ini bertujuan untuk penguatan program yang sudah berjalan.

selengkapnya »

Penandatangan MoU dengan SEVIMA

Stikes Yarsi Mataram hari ini melakukan penandatangan MoU dengan SEVIMA. Kerja sama yang dilakukan ini merupakan sebuah komitmen Stikes Yarsi Mataram untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang Sistem Informasi Akademik berbasis online.

selengkapnya »

PEMBUKAAN PELATIHAN BASIC TRAUMA DAN CARDIAC LIFE SUPPORT (BTCLS) DAN MANAJEMEN KESEHATAN HAJI

PEMBUKAAN PELATIHAN BASIC TRAUMA DAN CARDIAC LIFE SUPPORT (BTCLS) DAN MANAJEMEN KESEHATAN HAJI KERJASAMA EMT 911 JAKARTA DENGAN STIKES YARSI MATARAM Mataram, 23 Agustus 2023 – STIKES YARSI MATARAM bekerja sama dengan EMT 911 Jakarta menggelar Pelatihan Basic Trauma dan Cardiac Life Support (BTCLS) Dan Manajemen Kesehatan Haji. Pelatihan yang berlangsung selama lima hari ini dihadiri oleh tenaga medis dan ...

selengkapnya »

Pengumuman

    DIUMUMKAN   KEPADA MAHASISWA / MAHASISWI  TlNGKAT IV SEMESTER VIII KELAS  REGULAR  PROGRAM  STUDI PENDIDIKAN NERS  (TAHAP  AKADEMIK)  TAHUN AKADEMIK  2022/2023, BAHWA PELAKSANAAN  UJIAN     TENGAH    SEMESTER   (UTS)   AKAN DILAKSANAKAN PADA  TANGGAL  18   APRIL  2023, DENGAN MEMENUHI PERSYARATAN DIBAWAH INI : Tidak  ada masalah  terkait dengan Administrasi  Akademik (TI/IB) yang di buktikan dengan kartu kontrol UTS yang tertanda tangani oleh ...

selengkapnya »

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA TERINTERGRASI (SISTER) RISTEKDIKTI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Surat Edaran Kemenristekdikti Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi. Dan Pendidikan Tinggi Nomor 649/D1 Tanggal 23 Februari Tahun 2018, tentang SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi), Program Penilaian Angka Kredit Dosen Dan Tendik, Sertifikasi Dosen, Serta Beban Kerja Dosen. Yang bertujuan Mengakomodasi Perguruan Tinggi, khususnya Dosen, dan Tendik untuk melengkapi secara langsung data ada di PD-Dikti dalam bentuk portofolio yang terkait ...

selengkapnya »

STIKES YARSI Mataram Raih Penghargaan Peringkat Satu dari AIPNI

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) YARSI Matarm sukses meraih presentase kelulusan terbaik Profesi Ners pada uji kompetensi periode Oktober tahun 2021 ditingkat regional 10. Prodi Profesi Ners STIKES YARSI Mataram diberi penghargaan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Hal tersebut disampaikan Dr. H. Zulkahfi Selaku Ketua  STIKES YARSI Mataram, ia menjelaskan penghargaan dari AIPNI sebagai peringkat I Regional pada ...

selengkapnya »

KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. sumber : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id Daftar nama penerima KIP Kuliah STIKES YARSI Mataram dapat dilihat link bawah ini https://s.id/yarsi_kip2022s.id/yarsi_kip2022 https://s.id/yarsi_kip2022https://s.id/yarsi_kip2022  

selengkapnya »